GUNUNG GEDE JAWA BARAT, LOKASI HIKING FAVORIT PENGGILA ADVENTURES

Komunitas adventure yang hobi hiking tentu tahu lokasi gunung favorit untuk didaki. Ya, Gunung Gede Pangrango. Gunung ini merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Barat, mengingat letusan pada tahun 1747 yang sangat dasyat maka orang mengidentikan nama Gede berasal dari letusan yang sangat dasyat tersebut. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kalinya diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Keadaan alamnya yang khas dan unik, menjadikan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama.

Selain itu, gunung ini merupakan lokasi favorit bagi penggila hiking untuk mendakinya. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari ekosistem sub-montana, montana, sub-alpin, danau, rawa, dan savana. Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977, dan sebagai Sister Park dengan Taman Negara di Malaysia pada tahun 1995.
 Gunung Gede terletak diantara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor,Cianjur dan Sukabumi dengan ketinggian 1.000 – 3.000 meter, suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18°c dan dimalam hari suhu puncak berkisar 5°c.
Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas. Gunung Gede juga memiliki keanekaragaman burung yaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa.
Beberapa Lokasi Menarik Untuk Dikunjungi :
• Telaga Biru : Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
• Air terjun Cibeureum : Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.
• Air Panas : Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
• Kandang Batu dan Kandang Badak : Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.
• Puncak dan Kawah Gunung Gede : Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.
• Alun-alun Suryakencana : Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. . Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s