Android vs Blackberry : Pilih Mana?

Android vs Blackberry : Pilih Mana?

Android vs Blackberry – Pada tulisan kali ini, kami akan membandingkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh smartphone Android dengan Blackberry. Sebelumnya jujur saja, kami termasuk kelompok pecinta Android, tapi pada kesempatan ini kami akan membandingkan Android dan Blackberry se-objektif mungkin.

INTRO ANDROID VS BLACBERRY

Sebelum Android mulai populer di kalangan pencinta gadget. Blackberry sedang mencapai puncak kepopulerannya di Indonesia dan menjadi fenoma tersendiri saat itu. Trend Blackberry mulai muncul pada tahun 2008. Sejak itu pengguna smartphone asal Kanada ini semakin bertambah banyak. Awalnya pengguna Blackberry adalah kalangan profesional yang memang memerlukan ponsel pintar untuk mendukung pekerjaan mereka, tapi semakin lama pengguna Blackberry meluas hingga ke kalangan anak sekolahan yang menjadikan Blackberry hanya sebagai “alat gaul” semata.
Pada tahun 2010 Android mulai masuk mendapat tempat di pasar smartphone Indonesia dan pada tahun 2011 trend Android semakin menjadi. Serbuan smartphone yang berasal dari berbagai produsen ponsel ternama mulai menyerang Blackberry, Nokia, dan juga iPhone. Secara cepat jumlah pengguna smartphone Android mulai meningkat. Hinga pada akhirnya banyak pakar teknologi yang memperkirakan bahwa smartphone Android akan menjadi penguasa pasar ponsel pintar di Indonesia bahkan dunia.
Kepopuleraan Android tersebut tentu disebabkan karena berbagai keunggulan android yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya (lihat Keunggulan Android Sebagai OS Smartphone). Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membandingkan keungulan-keunggulan apa saja yang dimiliki Android yang tidak dimiliki oleh smartphone Blackberry, begitu juga sebaliknya.
Android vs Blackberry : Pilih Mana?

ANDROID VS BLACBERRY, PILIH MANA?

Hal pertama yang akan kami bandingkan adalah fitur-fitur khas yang dimiliki oleh masing-masing.Untuk smartphone Blackberry yang menjadi fitu andalannya adalah tidak lain tidak bukan, BBM (Blackberry Messanger). Aplikasi khas BB ini sampai sekarang tidak dapat ditemukan pada smartphone lainnya. Akan tetapi sebenarnya pada smartphone Android ada juga aplikasi messanger yang sangat mirip dengan BB, namanya Catfiz, tapi BBM masih lebih unggul karena aplikasi ini menggunakan server tersendiri yang lansung dikelola oleh RIM (perusahaan pemilik merek Blackberry).
Hal kedua tentang Android vs Blackberry adalah Android terdapat di berbagai merek smartphone dengan berbagai variasi harga. Beberapa produsen smartphone yang mengeluarkan produk smartphone Android-nya antara lain Samsung, HTC, Motorola, LG, Huawei, Sony, ZTE, dan masih banyak lagi. Rentang harga smartphone Android dimulai dari yang seharga ratusan ribu rupiah hingga kelas high-end yang seharga 6 juta rupiah ke atas. Sedangkan untuk Blackberry tentu hanya untuk smartphone Blackberry saja, meskipun Blackberry juga memiliki banyak versi dan seri di berbagai rentang harga, sepertinya Android memberikan lebih banyak alternatif pilihan smartphone yang sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk mengatasi munculnya berbagai macam smartphone Android, RIM akhir-akhir ini lebih gencar mengeluarkan versi Blackberry terbaru mereka.
Hal ketiga tentang Android vs Blackberry adalah Aplikasi dan Game Android yang beragam yang dapat didownload kapan saja melalui Android Market/ Google Play. Pengguna android tidak perlu merasa khawatir jika mereka bosan dengan game yang dimiliki atau mungkin sedang memerlukan aplikasi untuk menunjang produktifitas. Tingal masuk ke Google Play dan pilih game dan aplikasi android menarik dari ratusan ribu game dan aplikasi yang tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar. Hal inilah yang menjadi keungulan utama Android dibandingkan Blackberry dan smartphone lainnya.
Hal keempat tentang Android vs Blackbery adalah dari segi daya tahan baterai. Secara rata-rata smartphone Android memiliki daya tahan baterai yang kurang memuaskan jika dibandingkan dengan Blackberry. Meskipun kedua jenis smartphone tersebut sama-sama terhubung dengan Internet 24 jam sehari, tampaknya Blackberry lebih unggul untuk daya tahahn baterai. Hal ini mungkin disebabkan karena Android menjalankan banyak aplikasi pada sistem backgroundnya dan juga prosesor smartphone Android bekerja lebih berat untuk menunjang tampilan Android yang maksimal.
Hal kelima tentang Android vs Blackberry adalah bahwa Android berbasiskan software open source Linux, sehingga penguna dapat dengan bebas meng “oprek” smartphone Android mereka. Pengguna smartphone Android dapat me-root operating systemmnya, sehingga mereka dapat membuat custom ROM, mengubah tampilan, mengedit system, dan lainnya. Hal ini tidak akan ditemukan pada smartphone Blackberry atau smartphone lainnya. Akan tetapi untuk meng”oprek” Android harus hati-hati karena kalau salah langkah bisa berakibat fatal bagi si droid.

Kesimpulan Android vs Blackberry

Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang bisa dibandingkan, tapi kami rasa hal tersebut di atas sudah cukup untuk membandingkan Android dengan Blackberry. Kami tidak akan mengatakan bahwa Android lebih baik dari Blackberry atau sebaliknya. Setiap orang memiliki personal taste masing-masing. Bisa saja salah satu keunggulan Android yang kami sebutkan di atas menjadi kelemahan dalam penilaian sobat. Jadi kesimpulannya kami kembalikan kepada sobat pembaca. Android vs Blackberry, Pilih Mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s