Wisata Kota Tua

Kota Tua Jakarta sebuah tempat yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda penduduk Jakarta dan sekitarnya.Namun tahukah anda bahwa kota tua tidak hanya menyimpan nilai history yang tinggi namun juga memiliki berbagai macam objek yang dapat dijadikan tempat berwisata.Dengan akses yang terbilang mudah dari kereta api hingga busway menjadikan kota tua sebagai tempat wisata yang menyenangkan.
Perjalanan wisata anda dapat dimulai dari stasiun kota, stasiun yang telah ada sejak tahun 1930an ini menjadi landmark kota tua dan merupakan pusat dari semua perjalanan kereta api pada masanya serta merupakan stasiun pertama yang dibuat.

Lepas dari stasiun kota anda dapat mengunjungi museum sejarah Jakarta atau yang biasa kita kenal dengan nama Museum Fatahilah.Bangunan tiga lantai ini dulunya merupakan ruang persidangan, kantor, dan penjara.Anda dapat melihat sel-sel dengan jeruji besi berukuran 8m x 3m lengkap dengan bola besi sebrat 100 kg.

Setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan anda ke museum Bank Indonesia.Bangunan museum yang bercat putih menimbulkan kesan elegan, ditambah lagi bangunan yang merupakan peninggalan Belanda ini bernuansa klasik.Museum Bank Indonesia ini syarat akan tekhnologi visual, dimana anda dapat memainkan game interaktif mengenai sejarah keuangan Indonesia.Museum Bank Indonesia juga menyediakan ruangan theater yang akan menayangkan mengenai tugas-tugas Bank Indonesia mulai dari proses pencetakan uang hingga pendistribusiannya.

Setelah puas mengagumi arsitektur bangunan-bangunan tua anda dapat menuju jembatan kota intan.Jembatan yang terletak tepat di depan hotel Batavia ini sudah lama tidak berfungsi, jembatan Kota Intan yang telah berganti nama  5 kali ini mempunyai pengungkit yang dapat ditarik keatas ketika ada perahu yang melintasi sungai dibawahnya.

Satu lagi bangunan peninggalan kolonial yang anda dapat kunjungi, Menara Syahbandar.Bangunan dengan ukuran 4 m x 8 m serta tinggi 12 meter ini dulunya merupakan tower pengawas bagi pelabuhan sunda kelapa.Dari puncak menara berlantai tiga ini anda dapat melihat keindahan kota tua dari ketinggian.
Sebagai akhir perjalanan wisata di kota tua anda dapat menutupnya dengan melihat sunset di pelabuhan sunda kelapa.Pelabuhan yang menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut ini telah beroperasi sejak abad 12.Di pelabuhan ini banyak kapal Phinisi yang berlabuh, suatu kondisi yang jarang kita jumpai sebagai penghuni pusat kota.Anda juga dapat naik ke atas perahu Phinisi tentu saja dengan meminta izin dengan yang punya kapal terlebih dahulu atau anda dapat mengarungi lautan sekitar pelabuhan dengan menaiki perahu sampan.

Yang paling menarik dari wisata kota tua ini anda dapat mengelilingi kota tua dengan naik sepeda ontel yang banyak disewakan disekitar kota tua.

Wisata kota tua dapat melepaskan kepenatan atas rutinitas harian anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s